Penulis / NIM
FIQI GARIBALDI UMAR / 703517005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
ABSTRAK
Fiqi Garibaldi Umar. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika dan Geometri ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo.Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. 2021. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. (2) Dr. Tedy Machmud, M.Pd.
Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Data penelitian diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes pilihan ganda dan tes uraian. Masing-masing digunakan untuk tes kemampuan awal matematis siswa dan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematis 3) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung 4) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) lebih rendah daripada model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan Awal Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa, Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry).
Download berkas