Penulis / NIM
RAMDHAN Y. HASIM / 703517012
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK
Ramdhan Y. Hasim. ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½..."PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DARI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIBAWA DIMASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA.����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¿����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������½����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������ Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. 2021. Pembimbing :(1) Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. (2) Dr. Ismail Djakaria, M.Si.
Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran audiovisual youtube eksperimen dan pembelajaran audiovisual youtube kontrol ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA NEGERI 1 TIBAWA pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Data penelitian diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes pilihan ganda. Masing-masing digunakan untuk tes hasil belajar siswa dan tes minat belajar siswa. Analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran audiovisiul youtube ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran audiovisual youtube alternatif 2) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran audiovisual youtube eksperimen dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika 3) Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran audiovisiul youtube ekperimen lebih tinggi dari pembelajaran audiovisual youtube alternatif yang memiliki minat belajar tinggi 4) Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran audiovisiul youtube eksperimen lebih rendah dari pembelajaran audiovisual youtube alternatif pada siswa yang memiliki minat belajar rendah.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Minat belajar Siswa, Pembelajaran audiovisual youtube.
Download berkas