Penulis / NIM
RIYAN ABDULLAH / 703517013
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
Riyan Abdullah. Soal-soal Higher Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Matematika Semester Ganjil. Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. 2021. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. (2) Prof. Dr. Hamzah B.Uno , M.Pd.
Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrument soal menjadi soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) serta mengetahui soal-soal HOTS pada mata pelajaran matematika kelas X semester ganjil khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini merupakan suatu kajian studi pengembangan atau Researcah and Development dengan desain model pengembangan dengan tipe formative research oleh Tessmer dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguju keefektifan produk tersebut. Penelitian dilaksanakan di kelas X IPA MAN 1 Pohuwato pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Data penelitian diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes uraian kemudian diuji tingkat validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, hingga pada tingkat daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa kelas X IPA MAN 1 Pohuwato yang berjumlah 60 orang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berbeda-beda. Data tersebut menjabarkan bahwa 35 orang siswa dari 60 orang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik, dengan besaran persentase 58% dari total subjek uji coba. Kemudian dibawahnya ada 23 orang siswa dari 60 orang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang cukup, dengan besaran persentase 38%. Selanjutnya ditingkat paling bawah ada 2 orang siswa yang masih perlu banyak dilatih karena memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang kurang baik. Meskipun belum ada siswa dengan kriteria teratas yaitu sangat baik dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun rata-rata seluruh siswa kelas X IPA MAN 1 Pohuwato untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki besaran 54,26, dan rata-rata tersebut tergolong kriteria baik sehingga instrumen tes dinyatakan efektif. 2) Tes soal uraian HOTS setelah diujicobakan mendapatkan hasil yang valid dan reliabel, kemudian secara tergolong baik dari segi tingkat kesukaran soal dan tingkat daya pembeda, sehingga instrument tes dapat dijadikan bahan untuk evaluasi kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Higher Order Thinking Skill, HOTS, formative research.
Download berkas