SKRIPSI

Penulis / NIM
ZOHRA LABADJO / 703517018
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
ABSTRAK Zohra Labadjo. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Melalui Model ASSURE Untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Anggrek. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. Hamzah B. Uno , M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis ICT pada materi Persamaan kuadrat. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Anggrek yang berfokus pada media pembelajaran berbasis ICT dalam hal ini video pembelajaran materi Persamaan kuadrat. Penelitian ini telah dilaksanakan berdasarkan prosedur pengembangan media pembelajaran mengacu pada tahapan pengembangan ASSURE yang terdiri dari enam tahap pengembangan yakni (1) menganalisis pebelajar (analyzer learner), (2) menyatakan tujuan (state objectives), (3) memilih teknologi, media dan materi (select technology, media and materials), (4) menggunakan teknologi, media dan materi (utilize technology, media and materials), (5) melibatkan partisipasi pembelajar (Require learner participation), (6) evaluasi dan revisi (evaluate and revise). Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis ICT menggunakan model ASSURE ini didasarkan pada validasi video pembelajaran oleh para ahli dan pemberian angket respon oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis ICT materi Persamaan kuadrat berupa video pembelajaran memperoleh interprestasi rata-rata penilaian menunjukkan cukup sesuai, sesuai dan sangat sesuai dengan indeks validasi isi memperoleh keputusan valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis ICT pada materi Persamaan kuadrat yang dibuat sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, persentase perolehan hasil angket respon terhadap penggunaan video mendapatkan respon positif. Dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis ICT materi Persamaan kuadrat yang telah dikembangkan layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, ICT, Model ASSURE
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011