Penulis / NIM
SANLI S. RAJAK / 703517021
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boliyohuto. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain Faktorial 2 x 2. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih masing-masing dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model Pembelajaran langsung. Pengumpulan data menggunakan: (1) tes, dan (2) Angket. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial Anava Dua Jalur dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe.
Hasil pengujiannya diperoleh bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diterapkan model pembelajaran langsung, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memiliki gaya kognitif filed-independen lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memiliki gaya kognitif field-dependen (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran langsung, dan perbedaan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, (4) bagi peserta didik yang memiliki gaya kognitif field-independen kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada jika diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konstuktivisme, (5) Bagi peserta didik yang memiliki gaya kognitif field-dependen, kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih rendah daripada jika diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata-kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, gaya kognitif, Model Problem Based Learning, Model pembelajaran langsung.
Download berkas