Penulis / NIM
LILY SETIAWATY AR. PANU / 703517024
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang dibelajarkan dengan model contextual teaching and learning dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematika. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Data penelitian diperoleh melalu tes hasil belajar matematika dan tes kemampuan awal matematika. Analisis data hasil belajar matematika yang pengelompokkannya didasarkan pada skor tes kemampuan awal matematika yang menjadi variabel moderator mencakup kemampuan awal matematika tinggi dan kemampuan awal matematika rendah. Data penelitian di analisis dalam dua bagian yakni analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini menghasilkan temuan yakni : (1) Model contextual teaching and learning dipandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama daripada model pembelajaran langsung . (2) Model contextual teaching and learning dipandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi. (3) Model pembelajaran langsung dipandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah.
Download berkas