Penulis / NIM
MARYAM G. BAUDI / 703517026
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media pembelajaran dan model pembelajaran langsung berbantuan media pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket motivasi belajar. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika yang pengelompokkannya didasarkan pada skor angket motivasi belajar yang menjadi variabel moderator mencakup motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dipandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingat Sekolah Menengah Pertama daripada model pembelajaran langsung. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dipandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingkat Sekolah Menengah Pertama pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) Model pembelajaran langsung di pandang cocok dalam membelajarkan materi SPLDV di kelas VIII pada tingkat sekolah menengah pertama pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah.
Download berkas