Penulis / NIM
HADI YAMIN ASSEL / 703519005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
ABSTRAK
Hadi Yamin Assel, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Statistik Dan Komputasi Jurusan Farmasi Universitas Negeri Gorontalo Di Tinjau Dari Self-Regulated Learning (SRL), Pembimbing 1 Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd, dan Pembimbing 2 Dr. Tedy Machmud, M.Pd.
Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah statistik dan komputasi disebabkan banyaknya tantangan yang dihadapi pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Selain itu, mahasiswa mengalami kendala karena memiliki Self-Regulated Learning yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Negeri Gorontalo pada matakuliah statistik dan komputasi di tinjau dari Self-Regulated Learning (SRL). Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Juli tahun 2021 dengan desain treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah statistik dan komputasi pada Semester Genap TA 2020/2021 berjumlah 104 orang dengan pengambilan sampel secara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan: (1) kuesioner Self-Regulated Learning (SRL), dan (2) tes uraian untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan pembelajaran daring lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan pembelajaran luring, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar, (3) Pada kelompok mahasiswa yang memiliki Self-Regulated Learning tinggi, hasil belajar mahasiswa dibelajarkan dengan pembelajaran daring lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran luring, dan (4) pada kelompok mahasiswa yang memiliki Self-Regulated Learning rendah, hasil belajar mahasiswa dibelajarkan dengan pembelajaran daring sama dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran luring
Kata Kunci: Hasil Belajar, SRL, Statistik.
Download berkas