SKRIPSI

Penulis / NIM
ABJAN SULAIMAN / 703519006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Abstrak
Penilitian ini berujuan untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model problem based learning dan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini eksperimen semu dengan desain treatment by level 2 ���- 2 dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tidore Kepulauan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022. Data penilitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket motivasi belajar siswa. Analisis angket kemampuan pemecahan masalah matematika didasarkan pada pengelompokan skor angket motivasi belajar yang terbagi atas motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data penelitian dianalisis dengan ANAVA 2 jalur dan Uji Tuckey. Hasil temuan diperoleh: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, kemampua pemecahan masalah matematika siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (4) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran problem based learning. Temuan ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih cocok dalam membelajarkan materi sistem persamaan linear dua variabel dan sejenisnya pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Kata kunci: Model pembelajaran problem based learning (PBL), pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahana masalah matematika, motivasi belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011