Penulis / NIM
FEBRI HARUN / 703519008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK
Febri Harun. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. 2021. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sarson W.Dj. Pomalato, M.Pd (II) Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem solving efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Treatmen by level 2 x 2 menggunakan uji analisis dua jalur dan uji tukey. Hasil penelitian diperoleh kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki motivasi belajar intrinsik pada pembelajaran problem solving sebesar 84.13 dan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki motivasi belajar intrinsik pada pembelajaran konvensional sebesar 67.21. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf signifikan 5% dan dk = 127 menunjukan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 4.232 untuk ����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������± = 0.05 diperoleh ttabel = 2.80 Dengan demikian, kemampuan penalaran siswa yang memiliki motivasi belajar intrinsik dibelajarkan dengan pembelajaran problem solving lebih efektif dari pada kemampuan penalaran siswa yang memiliki motivasi belajar intrinsik dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran problem solving, motivasi belajar
Download berkas