Penulis / NIM
TYA AYU PALUPY / 703521001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
PALUPY, TYA AYU. 2023. Pengaruh Self Efficacy, Locus of Control dan Motivasi
Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan
Matematika. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd. Pembimbing II:
Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) pengaruh langsung positif self
efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh langsung positif locus of
control terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) pengaruh langsung positif motivasi
belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) pengaruh langsung positif self efficacy
terhadap motivasi belajar, (5) pengaruh langsung positif locus of control terhadap
motivasi belajar, (6) pengaruh langsung positif self efficacy terhadap locus of control.
Penelitian ini dilaksanakan di MTSS Hubulo. Responden berjumlah 80 orang ditentukan
dengan menggunakan penentu jumlah sampel dari populasi yang diketahui jumlahnya,
dengan taraf kesalahan 5%. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan teknik analisis jalur untuk melihat pengaruh antar variabel. Berdasarkan
hasil temuan disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung positif self efficacy terhadap
hasil belajar matematika siswa, (2) terdapat pengaruh langsung positif locus of control
terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) terdapat pengaruh langsung positif motivasi
belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) terdapat pengaruh langsung positif self
efficacy terhadap motivasi belajar, (5) terdapat pengaruh langsung positif locus of
control terhadap motivasi belajar, (6) terdapat pengaruh langsung positif self efficacy
terhadap locus of control.
Kata Kunci: hasil belajar matematika, self efficacy, locus of control, motivasi belajar,
analisis jalur
Download berkas