Penulis / NIM
SRI AGUSTIN LIMALO / 703521002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HASAN S. PANIGORO, S.Pd., M.Si. / 0001058501
Abstrak
Sri Agustin Limalo.2023. Pengembangan e-modul matematika berbasis Problem Base Learning berbantuan Flip PDF pada materi lingkaran kelas VIII. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika.
Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd., (2) Dr. Hasan Panigoro, S.Pd.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan menghasilkan e-modul matematika berbasis problem base learning materi lingkaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan produk pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan) , Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tilamuta. Hasil penelitian menunjukan penilaian validator terhadap e-modul matematika berbasis Problem Base Learning memperoleh kriteria kevalidan dan dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan e-modul matematika berbasis Problem Base Learning mendapatkan respon positif dari guru dengan rata ����¯�¿�½" rata persentase 87.23% dan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase 78.45%. Rata ����¯�¿�½" rata persentase respon guru dan peserta didik ini berada pada kategori sangat baik, sehingga modul dikatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbasis Problem Base Learning materi Lingkaran memenuhi aspek valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan media, e-modul, Problem Base Learning, Filp PDF, Model 4-D, Lingkaran
Download berkas