Penulis / NIM
DEWI FATMAWATY UNE / 703521003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstrak
Dewi Fatmawaty Une, 2022. ��Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 WonosariÃ��ÂÂ. Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd. (2) Dr. Tedy Machmud, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian treatment by level. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes uraian dan pilihan ganda. Masing-masing digunakan untuk tes kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan awal matematis siswa. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; 4) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih rendah dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray.
Download berkas