Penulis / NIM
DEWI RAGIEL SUSANTI / 703521004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Ragiel Susanti, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada materi Barisan dan Deret untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Evie Hulukati, M.Pd., (II) Dr. Ismail Djakaria, M.Si.
Penelitian ini aadalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Tes Kemampuan Berpikir Kritis yang berorientasi pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan memenuhi kroteria sangat valid untuk RPP dengan nilai rata-rata dari validator 98, LKPD dengan nilai rata-rata 98, dan tes kemampuan berpikir kritis 98. Aspek kepraktisan pada ujicoba terbatas memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 96, dan pada uji coba luas memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 100. Aspek keefektifan dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan indikator menganalisis pada uji coba terbatas dengan nilai rata-rata 85 dan pada uji coba luas rata-rata nilai 95, untuk indikator mensintesis pada uji coba terbatas nilai rata-rata 80 dan pada uji coba luas nilai rata-rata 90, selanjutnya pada indikator memecahkan masalah pada uji coba terbatas nilai rata-rata 75 dan nilai rata-rata pada ujicoba luas 85, kemudian untuk indikator menyimpulkan pada uji coba terbatas dengan nilai rata-rata 85 dan uji coba luas dengan nilai rata-rata 90.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, problem based learning, berpikir kritis.
Download berkas