Penulis / NIM
HARYATI OCTAVIANI BEMPAH / 703521005
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
Haryati Octaviani Bempah. 2023. Pengaruh Status Sertifikasi Guru dan Motivasi Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru Matematika Se Kota dan Kabupaten Gorontalo. Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Dr. H. Ismail Djakaria, M. Si
Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kompetensi profesional guru matematika SMP se kota dan Kabupaten Gorontalo yang telah tersertifikasi dan belum tersertifikasi ditinjau dari motivasi mengajar matematika. Penelitian ini merupakan suatu kajian studi ex post facto dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Penelitian dilaksanakan di SMP se Kota dan Kabupaten Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes kompetensi profesional guru yang berbentuk pilihan ganda dan angket motivasi mengajar. Analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan untuk menguji hipotesis penelitian dan dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Profesional Guru yang Telah Tersertifikasi lebih tinggi dari guru yang belum tersertifikasi. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara Status sertifikasi dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru. (3) Pada kelompok guru yang memiliki motivasi mengajar tinggi, kompetensi profesional guru yang tersertifikasi lebih tinggi daripada guru yang belum tersertifikasi. (4) Pada kelompok guru yang memiliki motivasi mengajar rendah, kompetensi profesional guru yang tersertifikasi lebih rendah daripada guru yang belum tersertifikasi.
Kata Kunci : Status Sertifikasi, Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional Guru.
Download berkas