Penulis / NIM
ANI DAENG TAHIR / 703521015
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
Ani Daeng Tahir. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri Duminanga. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Evie Hulukati ,M.Pd dan Pembimbing II Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya Peningkatan Keterampilan Berpikir kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri Duminanga melalui model pengembangan Problem besid learning. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini mengacu pada tahapan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi dari 7 langkah menjadi empat tahap yakni (1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) uji coba ahli dan revisi, (4) Uji coba lapangan dan Revisi. Instrument pada penelitian ini terdiri atas;(1) Lembar validasi model dan perangkat,(2) lembar keterlaksanaan kegiatan guru dan peserta didik serta lembar angket respon peserta didik;(3) Lembar Tes Hasil Belajar terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning. Berdasarkan hasil diperoleh model pembelajaran dan perangkat pendukung layak digunakan dengan kategori sangat valid. Hasil ujicoba menunjukkan tingkat kepraktisan dari penilaian kegiatan guru pada uji coba terbatas dengan nilai rata-rata 94,3% dan uji skala luas mencapai 97,65%.hasil penilaian peserta didik pada uji coba terbatas dengan nilai rata-rata 92,3%. Hasil penilaian peserta didik pada uji coba skala luas dengan nilai rata-rata 98% dan berdasarkan angket respon siswa pada skala terbatas dengan rata-rata 85,7% dan pada uji coba skala luas dengan rata-rata 87,9%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning telah memenuhi kriteria praktis dan memperoleh respon positif. Keefektifan model pembelajaran secara klasikal pada skala terbatas yang dicapai sebesar 83,3% kemudian dinormalisasikan N-Gain dengan nilai 0,42 dengan kategori sedang. Pada uji skala luas yang dicapai 85% kemudian dinormalisasikan N-Gain dengan nilai 0,5 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa tes hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan guru dan siswa dengan menggunakan Problem Based Learning dalam mencapai tujuan pembelajaran telah tercapai dan keterampilan siswa pun meningkat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning,berpikir kritis dan Model Borg and Gall
Download berkas