Penulis / NIM
NURSAM / 703521017
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK
NURSAM. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Rasio Trigonometri dengan Model ADDIE ditinjau dari Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tilamuta. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I). Prof.Dr.Evi Hulukati, M.Pd, Pembimbing (II). Dr.Ismail Djakaria, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model ADDIE ditinjau dari hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tilamuta, (2) keefektifan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model ditinjau dari hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tilamuta, (3) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan dengan model ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dilakukan 5 langkah pengembangan, yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar. Bahan ajar yang dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli desain serta peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan ajar matematika yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil uji kevalidan pada aspek isi modul secara umum diperoleh persentase validitas sebesar 84,76% dengan kriteria Sangat Valid, aspek sistematika isi modul nilai persentase validitas diperoleh 79,22% dan kriteria valid, aspek cakupan isi materi tingkat persentase kevalidan 83,33% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek pendekatan kontekstual, tingkat kevalidan hanya 75% namun masih dalam kategori valid. Untuk aspek bahasa, persentase kevalidan sebesar 84,17% dengan kriteria sangat valid, aspek penyampaian isi modul secara umum memiliki persentase 79,26% dan dinyatakan dengan kriteria valid, desain isi modul memiliki persentase 82,50% dengan kriteria sangat valid, sementara untuk jenis huruf, ukuran huruf dan ilustrasi dalam bahan ajar ini memiliki persentase kevalidan 80% dan kriteria masuk dalam kategori valid. Keefektifan bahan ajar matematika materi rasio trigonometri yang telah dikembangkan, diperoleh berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan pada peserta didik, diperoleh nilai Persentease Ketuntasan Belajar Klasikal 78,70. Berdasarkan kriteria dengan acuan yang telah diajukan sebelumnya, maka untuk persentase ketuntasan belajar klasikal memperoleh kriteria ����¯�¿�½�..."BaikÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�ÂÂ. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain diperoleh skor N-Gain = 0,73. Nilai N-Gain tersebut termasuk dalam kategori Tinggi. Persepsi peserta didik terhadap bahan ajar matematika materi rasio trigonometri diperoleh angka 82,22% untuk tingkat penerimaan peserta didik dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Rasio Trigonometri.
Download berkas