Penulis / NIM
MERLAN SASRANINGSI ALI / 703521020
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK
Merlan Sasraningsi Ali. (2022). Ã���Ã..."Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIIIÃ���Ã�ÂÂ. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Ismail Djakaria, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan efektif di kelas VIII SMP Negeri 1 Botumoito. Penelitian ini merupakan R&D dan model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Botumoito. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media yang mendapatkan penilaian masing-masing 95,8% dan 92,9%, dan dilihat dari hasil tes belajar terjadi peningkatan yang awalnya 15 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 64,4 dibawah kriteria ketuntasan minimal SMP Negeri 1 Botumoito dengan kategori kurang dan 15 peserta didik lainnya mendapatkan nilai 72,3 diatas kriteria ketuntasan minimal dengan kategori cukup, setelah menggunakan media pembelajaran berbasis articulate storyline meningkat menjadi 8 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 74,38 kategori cukup, 18 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 84,67 dengan kategori baik dan 4 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 94,38 dengan kategori Sangat Baik, sedangkan dilihat dari hasil angket respon peserta didik, penggunaan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bangun ruang sisi datar mencapai lebih dari 85 % yakni 90,01 % yang menandakan respon yang sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII valid dan efektif sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Bangun Ruang Sisi Datar.
Download berkas