SKRIPSI

Penulis / NIM
SRIWAHYUNI MOKOAGOW / 704516001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Sriwahyuni Mokoagow. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Rosman Ilato, M.Pd dan Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar dan Disiplin Belajar Terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo, baik secara parsial maupun simultan. Data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran angket penelitian dan hasil UTS siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan analisi data regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefiisen determinasi sebesar 31,40%. (2) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefiisen determinasi sebesar 30,70%. (3) Motivasi belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 62,10% variabilitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 5 Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dapat dijelaskan oleh motivasi belajar dan disiplin belajar sedangkan sisanya sebesar 37,90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor internal siswa seperti kemampuan (kecerdasan), kepribadian siswa, bakat siswa, dan minat belajar siswa serta faktor eksternal yakni keterampilan mengajar guru, motivasi orang tua, lingkungan sekolah, model pembelajaran dan kerja sama sekolah dengan orang tua siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar ABSTRACT Sriwahyuni Mokoagow. The Influence of Learning Motivation and Learning Discipline on Student Learning Outcomes in Class IV Social Studies Subjects in Elementary School 5, Tilango District, Gorontalo District. Thesis of Master of Basic Education Study Program, Post-Sarajana Program, Gorontalo State University, under the guidance of Dr. Rosman Ilato, M.Pd and Dr. Rusmin Husain, M.Pd. This study aims to determine the effect of learning motivation and learning discipline on student learning outcomes in the fourth grade social studies subject in Elementary School 5, Tilango District, Gorontalo District, either partially or simultaneously. The data in this study are primary data through the distribution of research questionnaires and student UTS results. The population in this study was 30 people, so this research is a population study. The approach in this research is quantitative with multiple regression data analysis. The results of this study indicate that (1) learning motivation has a positive and significant effect on student learning outcomes in the fourth grade social studies subject at Elementary School 5, Tilango District, Gorontalo Regency with a determination coefficient value of 31.40%. (2) Discipline of learning has a positive and significant effect on student learning outcomes in the fourth grade social studies subject at Elementary School 5, Tilango District, Gorontalo Regency with a determination coefficient value of 30.70%. (3) The learning motivation and learning discipline simultaneously have a positive and significant effect on student learning outcomes in the fourth grade social studies subject in Elementary School 5, Tilango District, Gorontalo Regency with a coefficient of determination of 62.10% variability of student learning outcomes in social studies subjects. Class IV in SD Negeri 5, Tilango District, Gorontalo District can be explained by learning motivation and learning discipline while the remaining 37.90% is explained by other variables not examined in this study such as internal factors such as ability (intelligence), student personality, talent. students, and students' interest in learning as well as external factors, namely teacher teaching skills, parent motivation, school environment, learning models and school cooperation with parents of students. Keywords: Learning Outcomes, Learning Motivation, Learning Discipline
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011