SKRIPSI

Penulis / NIM
KARMILA S. DJUMADIL / 704516017
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Karmila S Djumadil. 2020. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Pada Pembelajaran Daring dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SDN 12 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Rosman Ilato, M.Pd dan Dr. Asni Ilham, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Pada Pembelajaran Daring dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SDN 12 Tilamuta Kabupaten Boalemo, baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan pendekatan ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket penelitian. Jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 47 orang. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa di SDN 12 Tilamuta Kabupaten Boalemo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 45,65%. (2) Kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa di SDN 12 Tilamuta Kabupaten Boalemo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 28,65%. (3) Kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran daring dan kondisi sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa di SDN 12 Tilamuta Kabupaten Boalemo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 74,30%. Sedangkan sisanya sebesar 25,70% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sepeti variabel motivasi guru, motivasi orang tua, gaya belajar siswa, teman sebaya, dan kerja sama orang tua dengan guru terkait masalah pendidikan siswa. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Kreativitas Guru, Sosial Ekonomi Orang Tua. ABSTRACT Karmila S Djumadil. 2020. The Effect of Teacher Teaching Creativity on Online Learning and Parents' Socio-Economic Conditions on Student Learning Activities at SDN 12 Tilamuta, Boalemo Regency. Thesis of Master of Basic Education Study Program, Post-Sarajana Program, Gorontalo State University, under the guidance of Dr. Rosman Ilato, M.Pd and Dr. Asni Ilham, M.Si. This study aims to determine the effect of teacher creativity on online learning and the socio-economic conditions of parents on student learning activities at SDN 12 Tilamuta, Boalemo Regency, both partially and simultaneously. This approach approach is a quantitative approach. The data in this study are primary data obtained through distributing research questionnaires. The number of population and samples in this study were 47 people. Data analysis using multiple regression. The results of this study indicate that (1) The creativity of teaching teachers in online learning has a positive effect on student learning activities at SDN 12 Tilamuta, Boalemo Regency with a determination coefficient of 45.65%. (2) The socio-economic conditions of parents have a positive effect on student learning activities at SDN 12 Tilamuta, Boalemo Regency with a coefficient of determination of 28.65%. (3) Teachers' teaching creativity in online learning and the socio-economic conditions of parents simultaneously have a significant effect on student learning activities at SDN 12 Tilamuta, Boalemo Regency with a coefficient of determination of 74.30%. While the remaining 25.70% is explained by other variables not examined in this study, such as teacher motivation, parents' motivation, student learning styles, peers, and parent-teacher cooperation related to student education problems. Keywords: Learning Activities, Teacher Creativity, Parents' Social Economy.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011