SKRIPSI

Penulis / NIM
ASMA Y ASMAN / 704517039
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK Asma Y. Asman, 2020. ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."Meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema Pahlawanku melalui model pembelajaran Number head Together ( NHT ) di kelas IV SDN 05 Lemito����¯�¿�½���¯���¿���½������.Tesis,Konsentrasi IPS Pendidikan Dasar Program Pasca sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1)Prof.Dr.Abd Haris Panai, M.Pd, Pembimbing(2)Dr.Sukarman Kamuli, M.Pd Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk: mengetahui model pembelajaran Number Head Together ( NHT ) dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 05 Lemito Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 05Lemito. Teknik pengumpulan data adalah: 1) lembar pengamatan kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran dan 2) tes hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah jika pembelajaran IPS dilaksanakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together( NHT ) maka kreativitas belajar siswa meningkat dari 50,05 % pada siklus I menjadi 80,77 % pada siklus II dan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 05 Lemito meningkat, dengan Indikator keberhasilan tindakan adalah jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dari 42,31 % menjadi 80,63 %. Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah: model pembelajaran Number head Together ( NHT ) dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 05 Lemito hal tersebut didukung dengan hasil penelitian: yaitu rata-rata dari data angket kreativitas belajar pada siklus I 50,05% yang didominasi kriteria kurang dan sangatkurang 49,05%. Setelah diterapkan model pembelajaran NHT pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata skor kriteria baik dan sangat baik kreativitas belajar siswa menjadi 80,63%. Berdasarkan data hasil belajar IPS siswa pada siklus II, siswa yang mencapai KKM berjumlah 23 siswa atau 80,63%. Rata-rata nilai siswa secara keseluruhan yang dicapai pada siklus II adalah 78,84, sehingga dapat dikatakan bahwa pada siklus II ini terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Number Head Together,Kreativitas belajar, dan Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Asma Y. Asman, 2020. "Increasing creativity and student learning outcomes in the Social Studies subject with the theme of My Hero through the Number head Together (NHT) learning model in class IV SDN 05 Lemito." Thesis, Social Studies Concentration for Basic Education Postgraduate Program at Gorontalo State University. Advisors (1) Prof.Dr.Abd Haris Panai, M.Pd, Advisors (2) Dr.Sukarman Kamuli, M.Pd The purpose of the implementation of this study was to: determine the Number Head Together (NHT) learning model in increasing creativity and student learning outcomes in social studies subjects in class IV SDN 05 Lemito This research used classroom action research. The research stage consisted of planning, implementing action, observation. , and reflection. The object of the research was the fourth grade students of SDN 05 Lemito. Data collection techniques are: 1) observation sheet of teacher activities and student activities during the learning process and 2) test student learning outcomes. The research hypothesis is that if social studies learning is carried out using the Number Head Together (NHT) Learning Model, student learning creativity increases from 50.05% in cycle I to 80.77% in cycle II and student learning outcomes in grade IV SDN 05 Lemito increase. , with indicators of the success of the action is the number of students who get a minimum score of 75 increased from 42.31% to 80.63%. As a conclusion from this research is: the Number head Together (NHT) learning model in increasing creativity and student learning outcomes in social studies subjects in class IV SDN 05 Lemito this is supported by research results: namely the average of the questionnaire data on learning creativity in the cycle. I 50.05%, which is dominated by the criteria of less and very less 49.05%. After applying the NHT learning model in cycle II, the average score of good and very good criteria increased the students' learning creativity to 80.63%. Based on the data on student social studies learning outcomes in cycle II, there were 23 students who reached KKM or 80.63%. The average overall student score achieved in cycle II was 78.84, so it can be said that in cycle II there was an increase in student learning outcomes. Keywords: Model Number Head Together, Learning Creativity, and Student Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011