SKRIPSI

Penulis / NIM
DEVITRIANA ABDULLAH / 704517044
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK Devitriana Abdullah. 704 517 044. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 1 Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2 dan independent samples t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar pada penggunaan model pembelajaran Kontekstual dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato dimana penggunaan model pembelajaran Kontekstual lebih besar dibandingkan pada penggunaan model pembelajaran konvensional. (2) Interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato dengan nilai determinan sebesar 30,50%. Dari Diagram Plot Mean uji Two Ways Anova diperoleh hasil bahwa siswa dengan motivasi rendah bisa memperoleh hasil yang lebih baik jika menggunakan model pembelajaran konstekstual. (3) Pada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kontekstual di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato. Penggunaan model pembelajaran Kontekstual memiliki perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran konvensional. (4) Pada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato. Penggunaan model pembelajaran Kontekstual memiliki perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Konstekstual ABSTRACT Devitriana Abdullah. 704 517 044. 2021. The Effect of Learning Models and Student Motivation on Student Learning Outcomes in Social Studies Subjects in Class V SDN 1, Randangan District, Pohuwato Regency. Thesis of Master of Basic Education Study Program, Post-Sarajana Program, Gorontalo State University, under Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd and Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. This study aims to determine the effect of contextual learning models and student learning motivation on student learning outcomes in social studies subjects in class V SDN 1, Randangan District, Pohuwato Regency. The data source in this study is primary data through distributing questionnaires and learning outcomes tests to the research sample (students). The data analysis technique used was anova 2x2 and independent samples t test. The results of this study indicate that (1) There is a significant difference in learning outcomes in the use of the Contextual learning model with the conventional learning model in class V social studies subjects in SD Negeri 1 Randangan, Pohuwato Regency where the use of the Contextual learning model is greater than the use of the learning model. conventional. (2) The interaction of the learning model with student learning motivation has a significant effect on learning outcomes in the fifth grade social studies subject at SD Negeri 1 Randangan, Pohuwato Regency, with a determinant value of 30.50%. From the Two Ways Anova Test Mean Plot Diagram, it was found that students with low motivation could get better results if they used a contextual learning model. (3) For students who have high learning motivation, student learning outcomes in social studies subjects using conventional learning models are better than the contextual learning models in class V SD Negeri 1 Randangan, Pohuwato Regency. The use of contextual learning models has significant differences in the use of conventional learning models. (4) For students who have low learning motivation, student learning outcomes in social studies subjects using contextual learning models are better than conventional learning models in class V SD Negeri 1 Randangan, Pohuwato Regency. The use of contextual learning models has significant differences in the use of conventional learning models. Keywords: Learning Outcomes, Learning Motivation, Constextual Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011