SKRIPSI

Penulis / NIM
DITYA IBRAHIM / 704517045
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Ditya Ibrahim, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V SDN 5 Bulawa. Tesis. Konsentrasi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hamzah B, Uno, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Rusmin Husain, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi objektif pelaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif (articulate storyline) di kelas V SDN 5 Bulawa. 2) Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif (articulate storyline) pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjahan yang akan dikembangkan di kelas V SDN 5 Bulawa. 3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta siswa. Metode yang dipakai pada penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), namun penelitian hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi dan validasi ahli media serta respon siswa, Media yang dikembangkan diujicoba oleh 14 siswa kelas V SDN 5 Bulawa. Media pembelajaran interaktif menggunakan articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di kelas V SDN 5 Bulawa memperoleh rata-rata nilai dari ahli materi sebesar 90% yang dikategorikan "sangat layak", selanjutnya untuk validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,17% yang memperoleh kategori "sangat layak". Hasil penilaian pada uji coba yang dilakukan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,32% dengan kategori "sangat layak", sehingga media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif di Kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan simpulan, maka dapat disarankan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 pada mata pelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Articulate Stoyline, Media Pembelajaran Interaktif, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan ABSTRACT Ditya Ibrahim, 2020. Development of Interactive Learning Media Using Articulate Storyline 3 in Social Science (IPS) Subject on the material of National Incidents during the Colonial Period in Class V SDN 5 Bulawa. Thesis. Master study Program Of Elementary School Education Pstgraduate Program, State University Of Gorontalo. The principal Supervisor is Prof. Dr. Hamzah B, Uno, M.Pd, and the Co-Supervisor is Dr. Rusmin Husain, M.Pd. This research aims to 1) know the objective conditions of the learning implementation by using interactive learning media (articulate storyline) in class V SDN 5 Bulawa. 2) develop the interactive learning media (articulate storyline) in IPS subject on the material of National Incidents during The Colonial Period which in class V of SDN 5 Bulawa, and 3) determine the feasibility of learning media based on the assessment of material experts, media experts, and students ����Ã..."responses. This is a Research and Development (R&D) with the model of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), however the research is limited to the implementation stage. The data collection techniques applies a questionnaire of validation for material experts, validation for media experts, and students ����Ã..."responses. The media developed is tasted on 14 students in class V of SDN 5 Bulawa. The findings show that the interactive learning media by using the software of Articulate Storyline obtains an average score of 90% from material experts with the Ã���Ã..."highly feasible Ã���Ã..."category and 89.17% from media expert with the Ã���Ã..."highly feasible���� category. The results of the assessment on the testing by students obtained an average score of 92.32% with the "highly feasible" category. Thus, it can be concluded that the interactive learning media by using the software of Articulate Storyline 3 in IPS subject on the material of National Incidents during the Colonial Period is feasible to use as interactive learning media in class V SD. Based on the conclusion, it can be suggested that interactive learning media by using software of Articulate Storyline 3 in IPS subject on the material of National Incidents during the Colonial Period can be used as an alternative learning media that can improve student learning outcomes. Keywords: Articulate Stoyline, Interactive Learning Media, National Incidents during the Colonial Period.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011