SKRIPSI

Penulis / NIM
INANG ANGRAINI SAKO / 704518003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Abstrak
ABSTRAK Inang Angraini Sako. 2021. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar ips pada siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan karena adanya penggunaan model pembelajaran jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Peningkatan terlihat dari hasil pengamatan awal memiliki skor sebesar sebesar 55,07% kemudian siklus 1 memiliki skor sebesar 75,87% serta pada siklus 2 memiliki skor sebesar 85,69%. (2) Hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo mengalami peningkatan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPS, dimana pada pengamatan awal hanya sebanyak 13 orang atau sebesar 43,33% dari total siswa, mengalami peningkatan pada siklus 1 sebanyak 21 orang atau sebesar 70,00% dari total siswa dan kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus 2 sebanyak 27 orang atau sebesar 96,67% dari total siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011