Penulis / NIM
MERY GOBEL / 704518004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Mery Gobel, 2020. Meningkatkan Kemampuan Logis Matematis dan Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompik B di TK Anggrek Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Tesis. Program Studi Dikdas Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing (2) Dr. Setiyo Utoyo, S.Pd, M.Pd
Permasalahan penelitian apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo? Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 4 orang anak perempuan.Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan 4 tahap yakni perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan studi dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK Anggrek Kabupaten Gorontalo melalui metode eksperimen dapat ditingkatkan. Dengan hasil kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa dari 15 orang anak terdapat 3 orang anak yang menguasai kemampuan logis matematis dan sains sedangkan 12 orang anak atau 80 % belum menguasai kemampuan logis matematis dan sains.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah anak yang memperlihatkan peningkatan kemampuan logis matematis dan sains yang diharapkan seperti yang diperoleh pada siklus pertama untuk kemampuan logis matematis adalah 60 % untuk kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Sains memperoleh hasil 60 % untuk kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.Pada siklus kedua kemampuan logis matematis meningkat menjadi 14 orang anak atau 90 % untuk kategiri berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. sains memperoleh hasil yang sama yaitu 14 orang anak atau 90 % untuk kategori berkembang seusia harapan dan berkembang sangat baik.Indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 90 % atau 14 orang anak.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan logis matematis dan sains pada anak kelompok B TK anggrek Kabupaten Gorontalo dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Logis Matematis, Sains Anak, Metode Eksperiman
ABSTRACT
Mery Gobel, 2020. Improving Logical Mathematical Ability and Science through Experimental Methods on Children in Group B at Kindergarten Anggrek, Pulubala District, Gorontalo District. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Gorontalo State University. Advisor (1) Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd and Supervisor (2) Dr. Setiyo Utoyo, S.Pd, M.Pd
The research problem is whether using the experimental method can improve mathematical and scientific logical abilities in group B children at TK Anggrek Gorontalo District? This research aims to improve mathematical and scientific logical skills in group B children of Anggrek Kindergarten, Gorontalo Regency. The subjects of this study were 15 children of Group B TK Anggrek Gorontalo Regency, consisting of 11 boys and 4 girls. the research used is classroom action research. With 4 stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques were obtained through observation and document study. The data analysis technique used was the percentage.
The results showed that the logical mathematical and scientific abilities of group B children at TK Anggrek Gorontalo District through the experimental method could be improved. The results of the preliminary observation showed that out of 15 children there were 3 children who mastered mathematical and scientific logical abilities, while 12 children or 80% had not mastered mathematical and scientific logical abilities. The results showed an increase in the average percentage of the number of children who showed an increase The expected mathematical and scientific logical ability as obtained in the first cycle for mathematical logical ability is 60% for the category of developing as expected and developing very well. Science obtained 60% results for the category developing as expected and developing very well. In the second cycle mathematical logical ability increased to 14 children or 90% for the category developed as expected and developed very well. science obtained the same results, namely 14 children or 90% for the category of developing at the same age as expected and developing very well. The success indicators that have been set are 90% or 14 children.
The conclusion in this study is that using the experimental method can improve mathematical and scientific logical abilities in group B children orchid Kindergarten Gorontalo District can be accepted.
Keywords: Mathematical Logical Ability, Children's Science, Experimental Method
Download berkas