SKRIPSI

Penulis / NIM
SARINI MAUPA / 704518006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Sarini Maupa. 2021. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 54,92% dalam kriteria motivasi rendah, naik menjadi 67,25% dalam kriteria motivasi tinggi pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 85,50% dalam kriteria motivasi sangat tinggi pada siklus 2. (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 37,50% siswa yang memenuhi KKM, naik menjadi 83,33% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 100% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 2. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Inkuiri Terbimbing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011