Penulis / NIM
SARINI MAUPA / 704518006
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Sarini Maupa. 2021. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Dr. Rusmin Husain, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 54,92% dalam kriteria motivasi rendah, naik menjadi 67,25% dalam kriteria motivasi tinggi pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 85,50% dalam kriteria motivasi sangat tinggi pada siklus 2. (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 37,50% siswa yang memenuhi KKM, naik menjadi 83,33% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 100% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 2.
Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Inkuiri Terbimbing
Download berkas