Penulis / NIM
HAIRUL MANOPPO / 704518010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Hairul Manoppo. 2021. Tesis .Model Pengembangan Pembelajaran Bimbingan Orangtua dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 6 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten GorontaloProgram Pasca Sarjana,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr. Hamzah B. Uno,M.Pddan Pembimbing II Dr. Sukarman Kamuli S.Pd, M.Si
Rumusan masalah dalam penelitian ini1) Bagaimanakah langkah ����¯�¿�½" langkah pembelajaran bimbingan orang tua yang dikembangkan untuk pembelajaran IPS di kelas IV SDN 6 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo? 2) Apakah model pembelajaran bimbingan orang tua dapat memperbaiki hasil belajar siswa di kelas IV SDN 6 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo ?penelitian inididesain dengan menerapkan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development)dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil telaah oleh validator ahli pendidikan, ahli bahasa, ahli materi, penilaian guru sejawat, dan respon siswa dan orangtua baik dalam ujicoba kelompok kecil maupun kelompok besar dengan menerapkan langkah- langgah model pembelajaran bimbingan orangtua dapat memperbaiki hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 6 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. meningkatkan hasil belajar IPS melalui kegiatan belajar siswa.
Kata Kunci : Pengembangan, Bimbingan, Orangtua, IP
Download berkas