Penulis / NIM
RATNA A. MONOARFA / 704518011
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Monorfa, 2020. Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Dan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B di TK Sartika Kecamatan Dungingi. Tesis. Program Studi Dikdas Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Hj Rusmin Husain, M.Pd dan Pembimbing (2) Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd.
Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interpersonal dan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Sartika Kecamatan Dungingi. Penelitian ini menggunakan penelitia tindakan kelas, Teknik pengumpulan data Dengan hipotesis penelitian:Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa: (1) Penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interpersonal anak kelompok B di TK Sartika Kecamatan Dungingi, terbukti. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatakan kemampuan anak dari observasi awal bahwa persentase kemampuan interpersonal anak sebesar 41.67% meningkat sebesar sebesar 33.33% menjadi 75% pada siklus I, dan pada siklus II terjadi lagi peningkatan sebesar 16.67% menjadi 91.67%; (2) Penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Sartika Kecamatan Dungingi, terbukti. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatakan kemampuan anak dari observasi awal bahwa persentase kemampuan berbahasa anak anak sebesar 41.67% meningkat sebesar sebesar 25% menjadi 66.67% pada siklus I, dan pada siklus II terjadi lagi peningkatan sebesar 16.67% menjadi 83.33%; dan (3) Penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interpersonal anak kelompok B di TK Sartika Kecamatan Dungingi. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatakan kemampuan anak dari observasi awal.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kemampuan Interpersonal Anak, dan Kemampuan Berbahasa Anak
ABSTRACT
Ratna Monorfa, 2020. Improving Children's Interpersonal Ability and Language Ability through Role Playing Method in Group B at Kindergarten Sartika, Dungingi District. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Gorontalo State University. Advisor (1) Dr. Hj Rusmin Husain, M.Pd and Advisor (2) Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd.
The purpose of the implementation of this study was to determine the use of role playing methods to improve interpersonal skills and language skills of group B children in Kindergarten Sartika, Dungingi District. This research uses classroom action research, data collection techniques. With the research hypothesis: Based on the research results it can be found that: (1) The use of role playing methods can improve the interpersonal skills of group B children in Kindergarten Sartika, Dungingi District, proven. This can be proven by the increase in children's abilities from initial observations that the percentage of children's interpersonal abilities by 41.67% increased by 33.33% to 75% in cycle I, and in cycle II there was another increase of 16.67% to 91.67%; (2) The use of the role-playing method can improve the language skills of group B children in Kindergarten Sartika, Dungingi District, proven. This can be proven by the increase in children's abilities from initial observations that the percentage of children's language skills by 41.67% increased by 25% to 66.67% in cycle I, and in cycle II there was another increase of 16.67% to 83.33%; and (3) The use of role playing methods can improve the interpersonal skills of group B children in Kindergarten Sartika, Dungingi District. This can be proven by increasing children's abilities from initial observations.
Keywords: Role Playing Method, Children's Interpersonal Ability, and Children's Language Ability
Download berkas