SKRIPSI

Penulis / NIM
AFRILIA POLINTE / 704518018
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK POLINTE, AFRILIA. 2020. Desain Multimedia Pembelajaran IPA Berdasarkan Model ADDIE di SDN 1 Jambusarang Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolang Mongondow Utara. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Kosentrasi IPA. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Pembimbing : (2) Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan 1) untuk mendeskripsikan kondisi penggunaan media pembelajaran di SDN 1 Jambusarang Kec. Bolangitang Barat Kab. Bolaang Mongondow Utara, 2) untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran IPA dengan desain ADDIE di kelas IV SDN 1 Jambusarang Kec. Bolangitang Barat Kab. Bolang Mongondow Utara, 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA di kelas IV SDN 1 Jambusarang Kec. Bolangitang Barat Kab. Bolang Mongondow Utara. Model pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan tersebut meliputi 4 tahap yaitu : Analysis (Analisa), Design (Perancangan), Development and Implementation (Pengembangan dan Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Teknik digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar validasi bahasa dan tes hasil belajar kognitif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa multimedia pembelajaran Tema 1 Muatan IPA Bunyi dan Sumber bunyi valid, efesien dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil validasi media adalah 96,3% kategori sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata persentase validasi materi adalah 84% pada kategori sangat valid dengan sedikit revisi dan hasil validasi bahasa mencapai rerata 95,38%. Sedangkan hasil ujicoba kelompok kecil didaptaka nilai rata-rata daya serap siswa 90. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa multimedia pembelajaran di kelas IV SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran IPA, Multimedia, Model ADDIE ABSTRACT POLINTE, AFRILIA. 2020. Science Learning Multimedia Design Based on the ADDIE Model at SDN 1 Jambusarang, West Bolangitang District, North Bolang Mongondow Regency. Thesis of Basic Education Study Program, Concentration of Science. Advisors: (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Advisors: (2) Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd. This development research has the aim of 1) to describe the conditions of the use of instructional media in SDN 1 Jambusarang Kec. West Bolangitang District. Bolaang Mongondow Utara, 2) to produce multimedia learning science products with ADDIE design in class IV SDN 1 Jambusarang Kec. West Bolangitang District. Bolang Mongondow Utara, 3) to improve student learning outcomes on science content in grade IV SDN 1 Jambusarang Kec. West Bolangitang District. North Bolang Mongondow. The learning multimedia development model uses the ADDIE development model. The development model includes 4 stages, namely: Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation. The techniques used in this research are validation, observation and testing. The instruments used in the study were media validation sheets, material validation sheets, language validation sheets and cognitive learning outcomes tests. The results of this study state that multimedia learning Theme 1 Content of Sound Science and Sound Source is valid, efficient and effective for use in learning. The average result of media validation is 96.3%, the category is very valid and can be used with a little revision. The average percentage of material validation was 84% ����¯�¿�½���¯���¿���½���¯���¿���½����¯�¿�½���¯���¿���½���¯���¿���½in the very valid category with a little revision and the results of language validation reached an average of 95.38%. While the results of the small group trial showed an average value of 90 students' absorption. Based on the data obtained, it can be stated that multimedia learning in grade IV SD is feasible for use in learning. Keywords: Science Learning, Multimedia, ADDIE Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011