SKRIPSI

Penulis / NIM
YANTI S. LIHU / 704518019
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK S. LIHU, YANTI. 2020. Pengembangan Panduan Program Pembelajaran Home Visit Siswa Kelas V SDN 1 Bolangitang Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Kosentrasi IPA. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Pembimbing : (2) Dr. Rusmin Husain, S.Pd M.Pd. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan 1) mendeskripsikan desain panduan program pembelajaran home visit, 2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan pembelajaran luring dengan metode home visit 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 1 Bolangitang Kec. Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mogondow utara melalui panduan home visit yang efektif, praktis dan valid. Model pengembangan panduan menggunakan model 4D (four D models) dengan tahapan yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, lembar validasi rancangan dan tes hasil belajr kognitif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pandua pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia valid, efesien dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil validasi adalah 86,3% yang menyatakan bahwa materi pada panduan sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata persentase validasi bahasa adalah 90,76% pada kategori sangat valid dan hasil validasi rancangan mencapai rerata 91,6%. Sedangkan hasil ujicoba kelompok kecil didaptaka nilai rata-rata daya serap siswa 90,83. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa panduan pembelajaran home visit di kelas V SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran IPA, Home Visit, Four D Models ABSTRACT S. LIHU, YANTI. 2020. Development of Home Visit Learning Program Guidelines for Class V SDN 1 Bolangitang Students, West Bolangitang District, North Bolaang Mongondow Regency. Thesis of Basic Education Study Program, Concentration of Science. Advisors: (1) Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Advisors: (2) Dr. Rusmin Husain, S.Pd M.Pd. This development research has the objectives of 1) to describe the design of the home visit learning program guide, 2) to describe the steps for developing offline learning with the home visit method 3) to improve student learning outcomes in science learning at SDN 1 Bolangitang Kec. Bolangitang Barat, Bolaang Mogondow Utara district through an effective, practical and valid home visit guide. The guideline development model uses the 4D model (four D models) with stages namely the define stage, the design stage, the develop stage and the dissemination stage. The techniques used in this research are validation, observation and testing. The instruments used in the study were material validation sheets, language validation sheets, design validation sheets and cognitive learning results tests. The results of this study state that pandua on the theme of animal and human movement organs is valid, efficient and effective for use in learning. The average validation result is 86.3% which states that the material in the guide is very valid and can be used with a few revisions. The average percentage of language validation was 90.76% in the very valid category and the results of the design validation reached an average of 91.6%. While the results of the small group trial showed that the average value of student absorption was 90.83. Based on the data obtained, it can be stated that the home visit learning guide in class V SD is suitable for use in learning. Keywords: Science Learning, Home Visit, Four D Models
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011