Penulis / NIM
RATNA AZIS HASAN / 704518020
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Azis Hasan, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Siklus Belajar (Learning Cycle Model) Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Energi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo : Pembimbing I Prof. Dr. Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran konsep energi berbasis model pembelajaran Learning Cycle yang valid, praktis, dan efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa kelas IV SD. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D (Four D) dan diujicobakan di kelas IV SDN 4 Tapa dengan menggunakan one group pretest posttest design. Instrument pengumpulan data terdiri dari lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan tes perubahan miskonsepsi siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan hasil penelitian, yaitu : 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa (86,62%), RPP (92,00%), LKPD (90,13%) dengan kategori sangat valid dan tes perubahan miskonsepsi siswa telah memiliki validitas dengan kategori valid, 2) kepraktisan diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi, dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari : a) aktivitas siswa secara umum berkategori aktif, b) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran menunjukkan respon positif pada semua aspek pernyataan siswa sebesar 89,2 %, dan c) penurunan rata-rata persentase miskonsepsi siswa sebesar 41 %. N-Gain yang diperoleh yaitu 0,83 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi energi berbasis model pembelajaran Learning Cycle telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa SD.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Learning Cycle, Miskonsepsi Siswa
Download berkas