SKRIPSI

Penulis / NIM
SARIPA TOPAJU / 704518021
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK Saripa Topaju. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pop Up Book pada siswa Kelas IV SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I M.Pd.I dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, M.Pd . Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar IPA melalui Media Pop Up Book pada siswa kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 2) meningkatkan aktivitas belajar melalui Media Pop Up Book di kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran, 2) Lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan 3) Tes hasil belajar siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I 42%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil Belajar Siswa pada observasi awal 40 % atau 10 orang siswa, meningkat pada siklus I mencapai 68 % atau 17 orang dan pada siklus II meningkat menjadi 92 % atau 23 orang. Kata Kunci; Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA, Pop Up Book ABSTRACT Saripa Topaju. 2020. Increasing Learning Activities and Science Learning Outcomes through the Use of Pop Up Book Media in Class IV SDN I Binjeita I, Bolaang Mongondow Utara Regency. Thesis. Master of Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Gorontalo State University. Supervisor 1 Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I M.Pd.I and Supervisor II Dr. Rusmin Husain, M.Pd. The objectives of this study were 1) to improve science learning outcomes through Pop Up Book Media for fourth grade students at SDN I Binjeita I, Bolaang Mongondow Utara Regency. 2) increasing learning activities through Pop Up Book Media in grade IV at SDN I Binjeita I, Bolaang Mongondow Utara Regency. The research method used was classroom action research which was carried out in two cycles and each cycle consisting of 2 meetings. Data collection techniques in this study were: 1) Observation sheet of teacher and student activities during the learning process, 2) Observation sheet of student learning activities and 3) Test of student learning outcomes. The results of observations of student activities in learning cycle I 42%, in cycle II increased to 86%. Student Learning Outcomes in the initial observation 40% increased in cycle I reached 68% and in cycle II increased to 92%. Keywords; Learning Activities, Science Learning Outcomes, Pop Up Book
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011