SKRIPSI

Penulis / NIM
LISNAWATI AHMAD / 704518024
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
ABSTRAK Lisnawati Ahmad. 2020. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) siswa Kelas V SDN I Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Jusna Ahmad, M.Si. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana model pembelajaran Auditory Intellectually, Repetition (AIR) pada materi zat dan perubahannya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN I Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada materi zat dan perubahannya meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN I Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan 2) Tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yakni: Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I 47%, pada siklus II meningkat menjadi 87%. Hasil Belajar Siswa pada observasi awal 33 % meningkat pada siklus I mencapai 68 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93 %. Kata Kunci; Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA, AIR ABSTRACT Lisnawati Ahmad. 2020. Increasing activities and science learning outcomes through Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Class V students of SDN I Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Thesis. Basic Education Masters Program, Postgraduate Program, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. and Supervisor II Dr. Jusna Ahmad, M.Si. The formulations in this study are 1) How can the Auditory Intellectually, Repetition (AIR) learning model on substance and its changes increase the learning activities of the fifth grade students of SDN I Jambusarang, Bolaang Mongondow Utara Regency? 2) How does the application of the Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) learning model on substance and its changes improve the science learning outcomes of class V SDN I Jambusarang, Bolaang Mongondow Utara Regency ?. The research method used was classroom action research which was conducted in two cycles and each cycle consisted of 2 meetings. Data collection techniques in this study were: 1) Observation sheet of student learning activities and 2) Test of student learning outcomes. The results of the study were: The results of observations of student activities in learning cycle I 47%, in cycle II increased to 87%. Student Learning Outcomes in the initial observation 33% increased in cycle I reached 68% and in cycle II increased to 93%. Keywords; Learning Activities, Science Learning Outcomes, AIR
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011