Penulis / NIM
ULAN BIDI / 704519003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ABD. HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Abstrak
ABSTRAK
Ulan Bidi. 704 519 003. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 04 dan SDN 09 Kabila Bone. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Dr. Abd Hamid Isa, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Youtube dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 04 dan SDN 09 Kabila Bone. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada responden penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar pada penggunaan media audiovisual youtube dengan media non audiovisual atau gambar pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Negeri 04 dan SDN 09 Kabila Bone dimana penggunaan media audiovisual youtube pembelajarannya lebih besar dibandingkan dengan penggunaan media non audiovisual gambar. (2) Interaksi media pembelajaran dengan gaya belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V materi panas dan perpindahannya di SDN 04 dan SDN 09 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dengan nilai determinan sebesar 57,20%. Hal ini menunjukan bahwa apabila guru menggunakan media pembelajaran yang lebih modern, inovatif serta didukung oleh konten yang menarik kemudian didukung pula oleh siswa yang cenderung bertype gaya belajar audio visual maka dampaknya sangatlah besar dalam peningkatan hasil belajar siswa. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar pada penggunaan media pembelajaran Audio visual (Youtube) dengan media pembelajaran non audio visual (gambar) pada siswa yang memiliki gaya belajar visual pada mata pelajaran IPA kelas V materi panas dan perpindahannya di SDN 04 dan SDN 09 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penggunaan media pembelajaran Audio visual (Youtube) lebih besar dibandingkan pada penggunaan media pembelajaran non audio visual (gambar). Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran audio visual (Youtube) masih lebih baik digunakan dibandingkan dengan media pembelajaran non audio visual (gambar). Hal ini karena pada siswa dengan gaya belajar yang visual akan lebih optimal belajarnya jika terdapat suara sebagai interpretasi dari gambar yang dibuat atau materi yang diajarkan. (4) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan dari hasil belajar pada penggunaan media pembelajaran Audio visual (Youtube) dengan media pembelajaran non audio visual (gambar) pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori pada mata pelajaran IPA kelas V materi panas dan perpindahannya di SDN 04 dan SDN 09 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penggunaan media pembelajaran Audio visual (Youtube) lebih kecil dibandingkan pada penggunaan media pembelajaran non audio visual (gambar).
Kata kunci: Hasil Belajar, Gaya Belajar, Media Youtube
Download berkas