SKRIPSI

Penulis / NIM
ELVIRA MOBONGGI / 704519008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Mobonggi, Elvira. 2021. Analisis Konsepsi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Terhadap Konsep-Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd. Fokus penelitian ini adalah analisis konsepsi guru Sekolah Dasar terhadap konsep-konsep dasar IPA dengan sub fokus (a) pemahaman guru terhadap konsep-konsep dasar IPA. (b) faktor-faktor perolehan konsepsi guru terhadap konsep-konsep dasar IPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah three tier multiple choice untuk menganalisis konsepsi guru. Sampel yang digunakan adalah guru SD kelas V berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan, guru SD kelas V di Kecamatan Tapa memiliki kategori paham konsep sebesar 15,8%, miskonsepsi (error 1) sebesar 8,2%, miskonsepsi (error 2) sebesar 9,9%, miskonsepsi (error 3) sebesar 48,9%, dan tidak paham konsep sebesar 17,2%. %. Dengan demikian, berdasarkan data tersebut diperoleh bahwa guru lebih cenderung mengalami miskonsepsi error 3 dibandingkan dengan paham konsep terkait dengan konsep IPA di kelas V SD. Penyebab terjadinya miskonsepsi pada guru bersumber dari: (1) buku teks; (2) pengetahuan guru sejak masa sekolah; (3) intuisi yang salah; (4) bahasa sehari-hari Kata Kunci: Analisis konsepsi, Konsep Dasar IPA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011