Penulis / NIM
ELVIRA MOBONGGI / 704519008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Mobonggi, Elvira. 2021. Analisis Konsepsi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango Terhadap Konsep-Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd. Fokus penelitian ini adalah analisis konsepsi guru Sekolah Dasar terhadap konsep-konsep dasar IPA dengan sub fokus (a) pemahaman guru terhadap konsep-konsep dasar IPA. (b) faktor-faktor perolehan konsepsi guru terhadap konsep-konsep dasar IPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah three tier multiple choice untuk menganalisis konsepsi guru. Sampel yang digunakan adalah guru SD kelas V berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan, guru SD kelas V di Kecamatan Tapa memiliki kategori paham konsep sebesar 15,8%, miskonsepsi (error 1) sebesar 8,2%, miskonsepsi (error 2) sebesar 9,9%, miskonsepsi (error 3) sebesar 48,9%, dan tidak paham konsep sebesar 17,2%. %. Dengan demikian, berdasarkan data tersebut diperoleh bahwa guru lebih cenderung mengalami miskonsepsi error 3 dibandingkan dengan paham konsep terkait dengan konsep IPA di kelas V SD. Penyebab terjadinya miskonsepsi pada guru bersumber dari: (1) buku teks; (2) pengetahuan guru sejak masa sekolah; (3) intuisi yang salah; (4) bahasa sehari-hari
Kata Kunci: Analisis konsepsi, Konsep Dasar IPA.
Download berkas