SKRIPSI

Penulis / NIM
RANI BAHANSUBU / 704519010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
Rani Bahansubu. 2019. 704519010. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran pop up book di Kelas V MI Alkhairaat Mogolaing Kotamobagu. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran pop up book di Kelas V MI Alkhairaat Mogolaing Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Media pop up book dapat meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi ekosistem di Kelas V MI Alkhairaat Mogolaing. Pada siklus I yakni secara keseluruhan rata-rata dari tiga aspek yang diamati berjumlah 68.18% dinyatakan termotivasi dalam belajar, namun belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Motivasi Peserta didik dalam belajar dapat mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan setelah peneliti mengadakan tindakan pada siklus II yakni 81.82% dan telah mencapai indikator kinerja. Media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi ekosistem di Kelas V MI Alkhairaat Mogolaing. Pada siklus I yakni sebanyak 16 orang peserta didik atau 73.08%% dinyatakan tuntas dalam belajar, namun belum mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Keberhasilan peserta didik dalam belajar dapat mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan setelah peneliti mengadakan tindakan pada siklus II untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada siklus I yakni 81.82% atau sebanyak 18 orang peserta didik yang dinyatakan tuntas dalam belajar, hasil tersebut telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 75%. Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran Pop Up
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011