Penulis / NIM
SARLIN PATILIMA / 704520002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARIANA, S.Pd, M.Ds / 0018057503
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sarlin Patilima. 2022. Korelasi minat dan kompetensi guru terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran SBDP di Sekolah Dasar se gugus 3 kecamatan Pinogaluman. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hariana, S.Pd, M.Ds dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi minat secara parsial dengan prestasi siswa, korelasi kompetensi guru secara parsial dengan prestasi siswa dan korelasi minat dan kompetensi guru secara simultan dengan prestasi siswa pada mata pelajaran SBDP di Sekolah Dasar se gugus 3 kecamatan Pinogaluman. Menggunakan metode kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Dianalisis dengan menggunakan validasi dan rehabilitas kuisioner, analisis regresi, hipotesis. Jumlah populasi penelitian adalah 171 siswa dengan sampel penelitian adalah 63 siswa dengan kriteria pengambilan sampel secara random sampling di kelas IV, V dan VI.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi dari model regresi yang telah diperoleh sebelumnya didapatkan sebesar R Square = 0,422. Nilai ini berarti bahwa sebesar 42,2% variasi prestasi siswa di Sekolah Dasar se gugus 3 kecamatan Pinogaluman dapat diterangkan oleh baik buruknya minat dan kompetensi guru, variabel independen yang diteliti memiliki hubungan kontribusi sebesar 42,2% terhadap variabel prestasi siswa, sedangkan 57,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yg diteliti. Dalam penelitian ini, minat siswa berperan lebih dominan meningkatkan prestasi belajar daripada kompetensi guru.
Kata Kunci : Korelasi Minat, Kompetensi Guru, Prestasi Siswa
Download berkas