Penulis / NIM
FATRIS E. HARUN / 704521001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Fatris E. Harun, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis STEAM Pada Materi Sumber Energi dan Pemanfaatannya Di Kelas IV SD Kecamatan Tilamuta. Tesis Konsentrasi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis STEAM pada muatan pelajaran IPA kelas IV dengan materi Sumber Energi dan Pemanfaatannya. Media pembelajaran interaktif ini dibuat dengan mengkombinasikan beberapa objek multimedia seperti teks, gambar, animasi, audio, video dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media interaktif serta efektifitas media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Reseach and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrument angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian kepraktisan media interaktif oleh peserta didik, dan tes. Media yang dikembangkan diuji coba di tiga Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Tilamuta yaitu SDN 05, SDN 10 dan SDN 14 Tilamuta. Media pembelajaran Interaktif di design menggunakan software Articulate Storyline 3. Hasil validasi masing-masing ahli yaitu ahli materi dengan perolehan rata-rata nilai 88,13%, ahli media 96,10% dan ahli bahasa diperoleh hasil presentasi 85% yang menandai bahwa hasil produk memiliki kaidah bahasa dengan kategori ��Ã..."Sangat LayakÃ��ÂÂ. Dari hasil validasi ahli menunjukan bahwa media interaktif memperoleh kategori ��Ã..."sangat layakÃ��ÂÂ, hasil uji praktis media pembelajaran interaktif ini memperoleh rata- rata nilai 92,47% dengan kategori ��Ã..."sangat praktisÃ��ÂÂ. Sementara keefektifan media pembelajaran diuji berdasarkan uji N Gain menunjukan presentase gain >77% dilihat dari klasifikasi Normalisasi Gain, nilai tersebut berada pada kategori tinggi. Dengan kata lain efektifitas media pembelajaran tinggi terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji validasi, uji praktis, dan uji normalisasi gain, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis STEAM layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, STEAM, Sumber Energi dan Pemanfaatannya.
Download berkas