SKRIPSI

Penulis / NIM
FATRIS E. HARUN / 704521001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Fatris E. Harun, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis STEAM Pada Materi Sumber Energi dan Pemanfaatannya Di Kelas IV SD Kecamatan Tilamuta. Tesis Konsentrasi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis STEAM pada muatan pelajaran IPA kelas IV dengan materi Sumber Energi dan Pemanfaatannya. Media pembelajaran interaktif ini dibuat dengan mengkombinasikan beberapa objek multimedia seperti teks, gambar, animasi, audio, video dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media interaktif serta efektifitas media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Reseach and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrument angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, angket penilaian kepraktisan media interaktif oleh peserta didik, dan tes. Media yang dikembangkan diuji coba di tiga Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Tilamuta yaitu SDN 05, SDN 10 dan SDN 14 Tilamuta. Media pembelajaran Interaktif di design menggunakan software Articulate Storyline 3. Hasil validasi masing-masing ahli yaitu ahli materi dengan perolehan rata-rata nilai 88,13%, ahli media 96,10% dan ahli bahasa diperoleh hasil presentasi 85% yang menandai bahwa hasil produk memiliki kaidah bahasa dengan kategori ��Ã..."Sangat Layak��. Dari hasil validasi ahli menunjukan bahwa media interaktif memperoleh kategori ��Ã..."sangat layak��, hasil uji praktis media pembelajaran interaktif ini memperoleh rata- rata nilai 92,47% dengan kategori ��Ã..."sangat praktis��. Sementara keefektifan media pembelajaran diuji berdasarkan uji N Gain menunjukan presentase gain >77% dilihat dari klasifikasi Normalisasi Gain, nilai tersebut berada pada kategori tinggi. Dengan kata lain efektifitas media pembelajaran tinggi terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji validasi, uji praktis, dan uji normalisasi gain, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis STEAM layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, STEAM, Sumber Energi dan Pemanfaatannya.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011