SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD NATAR MOHUNE / 704521002
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK MOHAMAD NATAR MOHUNE. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran SOLE berbasis Fitur Google dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Menentukan Tokoh dan Latar Cerpen di kelas V SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, Pembimbing II Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menentukan tokoh dan latar cerpen, peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SOLE berbasis fitur google dan pembelaajaran konvensional di kelas V SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo (2) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran SOLE berbasis fitur google dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menentukan tokoh dan latar cerpen di kelas V SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo (3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SOLE berbasis fitur google dan pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi di kelas V SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo (4) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar, peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SOLE berbasis fitur google dan pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah di kelas V SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Terdapat hasil belajar menentukan tokoh dan latar cerpen dengan menggunakan model Pembelajaran SOLE tertinggi adalah 57 dan terendah 36. Adapun skor rata-rata sebesar 46,94 dengan simpangan baku (s) 6,50. Perhitungan selanjutnya diperoleh harga modus (mo) 46,70 dan median (me) 45,50. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran SOLE dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini sesuai dengan temuan penelitian bahwa Fhitung = 25,80> Ftabel = 4,08 pada taraf signifikansi ������± = 0,05. (3) hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui model pembelajaran SOLE pada kelompok yang memiliki motivasi belajar tinggi sebesar 51,45 lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yaitu sebesar 40,45. (4) hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelompok yang memiliki motivasi belajar rendah sebesar 46,55 lebih besar dari rata-rata skor hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran SOLE yaitu sebesar 42,00 Dengan demikian hipotesis keempat yang diajukan dalam penelitian ini teruji kebenarannya. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Sole, dan Motivasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011