SKRIPSI

Penulis / NIM
SITTI RAHMATIA Y. HILUMALO / 704521008
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
Sitti Rahmatia Y. Hilumalo, 2022. Pengembangan Media Permainan Edukasi Bahasa Indoensia Fun Board untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Kelas II SDN 21 Limboto. Tesis. Pendidikan Dasar Pascasarjan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian pengembangan media permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research anf Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate. Kavalidan produk dilakukan oleh ahli dengan lembar validasi ahli. Kepraktisan produk diuji dengan uji coba kelompok kecil kepada 8 orang siswa serta uji coba lapangan kepada 20 orang siswa dan dilanjutkan dengan membagikan angket dengan tujuan untuk melihat respon siswa terhadap media. Penelitian menggunakan instrument pengumpulan data angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik data kalitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjikkan bahwa tingkat validitas pengembangan produk permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar menurut ahli materi memperoleh hasil 96.6%, ahli media memperoleh hasil 89%, serta ahli Bahasa memperoleh hasil 93.3% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian uji coba kelompok kecil oleh 8 orang dan uji coba lapangan oleh 20 orang siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 95.2% dan 94.6%. Hasil pre-test dari 20 orang siswa terhadap keterampilan berbicara memperoleh hasil rata-rata 48 dan hasil post-test memperoleh hasil rata-rata 74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 sekolah dasar dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bahasa Indonesia Fun Board, Media Pembelajaran, Permainan Edukasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011