SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIANINGSIH MOKAMBU / 704521009
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstrak
Fitrianingsih Mokambu, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Materi Bab 3 "Lihat Sekitar" Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya. Tesis. Konsentrasi Bahasa Indonesia. Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Sayama Malabar, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd. Media pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran, jika media pembelajaran menarik maka kualitas pembelajaran akan lebih baik, hal ini menarik untuk diteliti oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan judul "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Materi Bab 3 "Lihat Sekitar" Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya". Tujuannya: 1) Mendesain media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya ; 2) Mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya; 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya berdasarkan penilaian ahli IT, Ahli Bahasa, Ahli Media, dan peserta didik; 4) Mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahap pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket validasi Ahli IT, Ahli Bahasa, Ahli Media, dan respon peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus statistika sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Desain media pembelajaran dirancang dengan menggunakan struktur navigasi, diagram blok, dan desain perangkat; (2) Pengembangan media terdiri dari pembuatan produk yang meliputi tahap pemilihan format, dan pembuatan rancangan pengembangan produk; (3) Uji kelayakan media dalam penelitian ini melibatkan tiga tim ahli validasi yang berkompoten dibidangnya masing-masing, yaitu Ahli Media, Ahli Bahasa, dan Ahli IT. Hasil yang diperoleh dari validasi produk oleh ketiga Ahli menunjukkan bahwa rata-rata skor dari Ahli Media 96,25% kategori "sangat layak", Ahli Bahasa 98,67% kategori "sangat layak", dan Ahli IT 99% kategori "sangat layak". Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash sangat layak diterapkan di Sekolah Dasar. Didukung pula dengan hasil angket peserta didik yang memiliki skor rata-rata skala kecil 96,50% dan skala besar 97,11%; (4) Uji kualitas dari penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash telah diuji cobakan kepada seluruh peserta didik kelas IV SDN 4 Talaga Jaya yang berjumlah 16 orang dan menunjukkah hasil evaluasi pembelajaran yang sangat baik untuk semua peserta didik dengan kategori tuntas mencapai KKTP yang telah ditetapkan. Simpulan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia efektif dengan kategori "sangat layak" digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar karena dapat mempermudah pemahaman dan penguasaan materi oleh peserta didik, dapat meningkatkan motivasi belajar, dan mempersingkat penggunaan waktu pembelajaran . Berdasarkan simpulan, maka dapat disarankan media pembelajaran berbasis aplikasi adobe flash materi Bab 3 "Lihat Sekitar" pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan minat belajar peserta didik . Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Adobe Flash.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011