SKRIPSI

Penulis / NIM
EMMY TIRTA AVIQI / 704521010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Emmy Tirta Aviqi, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tesis. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran angket dan tes performance kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2 dan independent samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara siswa pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 89,3750 > 70,9375. (2) interaksi model pembelajaran bermian peran dengan rasa percaya diri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 44,70%. (3) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 93,3036 > 69,3182. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 80,2083 > 72,9167. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran dan rasa percaya diri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, Konvensional, Rasa Percaya Diri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011