Penulis / NIM
EMMY TIRTA AVIQI / 704521010
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Emmy Tirta Aviqi, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tesis. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran angket dan tes performance kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2 dan independent samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara siswa pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 89,3750 > 70,9375. (2) interaksi model pembelajaran bermian peran dengan rasa percaya diri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 44,70%. (3) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 93,3036 > 69,3182. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 80,2083 > 72,9167. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran dan rasa percaya diri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar.
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, Konvensional, Rasa Percaya Diri
Download berkas