Penulis / NIM
SITI NOER AINI MOKO / 704521011
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
SITI NOER AINI MOKO. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Muatan Pelajaran IPA Berbasis Model Component Display Theory (CDT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Dasar. Pembimbing I: Dr. Masrid Pikoli, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Jusna Ahmad, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan bahan ajar muatan pelajaran IPA berbasis model CDT yang valid untuk meningkatkan kemampuan berphikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar. Bahan ajar dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk (1974) yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi bahan ajar. Analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian mengungkapkan Bahan ajar IPA berbasis CDT telah memenuhi aspek validitas karena telah melalui tahap validasi dari validator dengan penilaian berdasarkan 3 aspek yaitu aspek kualitas isi/materi, desain, dan Bahasa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai validitas untuk aspek materi dengan persentase 93%, aspek media 90,2%, dan aspek bahasa 95%. Bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan validasi dari validator yang telah mendapatkan kriteria sangat valid.
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Model CDT, Pelajaran IPA
Download berkas