SKRIPSI

Penulis / NIM
CECY RAHMA KARIM / 704620001
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN IPA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstrak
ABSTRAK Cecy Rahma Karim. 704 620 001. 2023. Pengembangan Model Pembelajaran PBL-TJ pada Pembelajaran Sistem Endokrin di Universitas Negeri Gorontalo. Tesis Program Studi S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Elya Nusantari; Co-Promotor I : Frida Maryati Yusuf; Co-Promotor II : Margaretha Solang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan & keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning Ten Jump (PBL-TJ) pada pembelajaran Sistem Endokrin di Universitas Negeri Gorontalo. Metode dalam penelitian ini adalah Metode Research & Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi, wawancara, angket respon dan tes hasil belajar. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Temuan dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran, hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dengan nilai Percentage of Agreement > 90% yang berarti bahwa model pembelajaran serta perangkat pembelajaran yang digunakan dalam model tersebut telah sesuai untuk diimplementasikan. (2) Model pembelajaran PBL-TJ dikategorikan sebagai model pembelajaran yang praktis untuk seluruh tahapan model pembelajaran PBL-TJ dapat dilaksanakan, karena idealnya aktivitas dosen dan aktivitas mahasiswa pada seluruh sintaks model pembelajaran yang dilakukan. (3) Model pembelajaran PBL-TJ dikategorikan sebagai model pembelajaran yang efektif hal ini ditunjukkan oleh nilai N-Gain berada pada rentang > 0,7 untuk hasil belajar dan terjadi peningkatan. Kemudian respon mahasiswa juga cenderung positif dengan skor > 85% dan merasakan model ini sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran terutama bisa menumbuhkan Softskill. Kata kunci: Problem Based Learning, Ten Jump, Pembelajaran Sistem Endokrin
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011