Penulis / NIM
ISPAWATI MALINTA / 705518003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstrak
ABSTRAK
Ispawati Malinta. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Menigkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Materi Perubahan Lingkungan. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pe,bimbing (1). Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd., (2) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kriteria valid, praktis, efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Research & Development (R & D), dengan rancangan uji coba One-GrupPrettest Posttest Designe. Data dianalisis mengunakaan rumus pedoman konversi skor penilaian.
Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP, LKPD dan THB memenuhi kriteria sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran RPP memenuhi kriteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik uji lapangan terbatas dan uji lapangan luas masuk pada kriteria sangat baik sedangkan untuk respon peserta didik masuk pada kriteria sangat setuju. Aspek penilaian keefektifan berdasarkan hasil belajar (penilaian literasi sains) menunjukkan adanya penigkatan kemampuan literasi. Penilaian literasi sains uji coba terbatas melalui analisi nilai posttes peserta didik mengalami perubahan mencapai kategori fungsional 20,13%; tidak menjawab 20,13%; nominal 33,77%; konseptual 7,9%, dan e-literasi 18,18%. Data hasil uji coba skal luas skala luas juga menunjukan penigkatan level literasi sains pada dua kelas uji coba melalui analisi nilai posttest mengalami perubahan pencapaia kategori fungsional 22.73%; nominal 33.71%; konseptual 6,87%; e-literasi 18,18%; dan tidak menjawab 18,56% sedangkan untuk kelas IPA 5 kategori fungsional 37.88%; nominal 33.33%; konseptual 7,57%; e-literasi 12,5%; dan tidak menjawab 8,71%.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model probel based learning, literasi sains.
Download berkas