Penulis / NIM
ZULKIFLI RADEN / 705518004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
Zulkifli Raden, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek Berbasis STEAM Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd (II) Prof. Dr. Novri Y. Kandowangko, M.P
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran Proyek berbasis STEAM pada materi Kingdom Plantae yang teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bilato, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap-tahap, define (pendefinisian); design (perancangan); development (pengembangan); desiminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan kualitas perangkat yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 158,5, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dari validator dengan nilai rata-rata 116,5 dan tes berpikir kreatif memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 44,5 Perangkat pembelajaran telah teruji kepraktisannya pada kegiatan guru uji coba kecil memperoleh rata-rata sebesar 67, kegiatan peserta didik pada uji coba kecil memperoleh rata-rata sebesar 63,25 Sedangkan pada uji coba besar, kegiatan guru memperoleh rata-rata sebesar 69,25 dan kegiatan siswa memperoleh rata-rata sebesar 66,25 serta penilaian respon peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 52 pada uji coba kecil dan skor 106 pada uji coba besar. Hasil rata-rata selisih jawaban pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada uji coba kecil diketahui bahwa persentase indikator Fluency sebesar 36,7%, kemudian indikator Flexibility sebesar 6,2% dan Originality sebesar 30%. Hasil rata-rata selisih jawaban pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada uji coba kecil diketahui bahwa persentase paling banyak yaitu indikator Fluency sebesar 31,8%, kemudian indikator Flexibility sebesar 39,2% dan Originality sebesar 46,6%. Sedangkan untuk penilaian proyek pada uji coba kecil memperoleh rata rata sebesar 42 dan uji coba besar memperoleh rata-rata sebesar 43,5. Sehingga perangkat pembelajaran berbasis project based learning dapat digunakan dalam pembelajaran materi Kingdom Plantae.
Kata Kunci: Project Based Learning, STEAM, Kreativitas
Download berkas