SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDA MINARTI JUSUF / 705520001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstrak
Winda Minarti Jusuf, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing : (I) Dr. Jusna Ahmad, M.Si., (II) Dr. Masra Latjompoh, M.Pd. Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Berpikir Kreatif berorientasi model pembelajaran inkuiri yang valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 98, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dari validator dengan nilai rata-rata 96 dan tes berpikir kreatif memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 98. Aspek kepraktisan pada uji coba terbatas memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 95. Pada uji coba luas memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 100 dan penilaian respon peserta didik mendapatkan skor 50 pada uji coba terbatas dan skor 101 pada uji coba luas. Hasil tes berpikir kreatif uji lapangan terbatas nilai rata-rata jawaban pretest yaitu indikator Elaboration sebesar 5,3%, kemudian indikator Fluency sebesar 3,3%, selanjutnya Flexibility sebesar 3,1% dan yang paling rendah adalah Originality yaitu sebesar 0,2%.Hasil rata-rata jawaban post test kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada uji terbatas diketahui bahwa persentase paling banyak yaitu indikator Fluency sebesar 15,9%, kemudian indikator Elaboration sebesar 12,6%, selanjutnya Flexibility sebesar 6,3% dan yang paling rendah adalah Originality yaitu sebesar 1%. Pada uji lapangan utama nilai rata-rata jawaban pretest yaitu indikator Fluency sebesar 2,9%, kemudian indikator Elaboration sebesar 2,6%, selanjutnya Flexibility sebesar 2,4% dan yang paling rendah adalah Originality yaitu sebesar 0,1%.Hasil rata-rata jawaban post test kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada uji lapangan utama diketahui bahwa persentase paling banyak yaitu indikator Fluency sebesar 5,2%, kemudian indikator Elaboratin sebesar 4,8%, selanjutnya Flexibility sebesar 3,9% dan yang paling rendah adalah Originality yaitu sebesar 1%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah melalui uji valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : perangkat pembelajaran, inkuiri, berpikir kreatif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011