SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA SABARA / 705520003
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
ABSTRAK Anita Sabara. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Science, Technologi, Engineering, Art dan Mathematics ( STEAM ) pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Suatu Penelitian di Kelas VIII SMP 1 Kwandang dan SMP 2 Kwandang. Tesis, Prodi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Frida Maryati Yusuf, M. Pd, (2) Dr.Jusna Ahmad, M.Si. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Penguasaan Konsep yang valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan, RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 96 % ( sangat Valid), LKPD 97 % ( sangat Valid) dan Tes Penguasaan Konsep 97 % ( sangat Valid). Aspek kepraktisan perangkat pembelajaran dengan kriteria sangat paktis berdasarkan hasil keterlaksanaan RPP berbasis STEAM pada uji terbatas mendapatkan rata-rata kepraktisan 89,68 % (sangat praktis ) pada uji luas di kelas pertama 92,16 % (sangat praktis ) dikelas kedua 98,83 % (sangat praktis ). Penilaian aktivitas siswa oleh observer mendapat nilai rata-rata kepraktisan pada uji terbatas 87,2% (sangat praktis ) pada uji luas kelas pertama (kelas VIII-1) 89,68 % (sangat praktis ) pada uji luas kedua (kelas VIII-3) 92,16% (sangat praktis ). Hasil analisis respon peserta didik menghasilkan nilai kepraktisan rata-rata pada uji terbatas 98,8 % (sangat praktis ) dan pada uji luas kelas pertama (kelas VIII-1) 97% (sangat praktis ) dan kelas kedua (kelas VIII-3) 98,3 % (sangat praktis ). Keefektifan dari hasil tes penguasaan konsep peserta didik dengan nilai rata-rata N-Gain kelas uji terbatas 0,7 (efektif), uji luas kelas pertama (kelas VIII-1) 0,8 ( sangat efektif) dan uji luas kelas kedua (kelas VIII-3) 0,8 (sangat efektif). Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Berbasis Science, Technologi, Engineering, Art dan Mathematics ( STEAM ) pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011