Penulis / NIM
SRILESNAWATI LALUSU / 705520004
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, M.Si / 0014097902
Abstrak
SMP Islam Pagimana tidak luput dari masalah-masalah yang dihadapi baik masalah konvensional khususnya pada sarana dan prasarana maupun masalah-masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas. Permasalahan utama yakni rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi ekosistem. Siswa hanya terfokus pada hafalan tanpa memahami dan menganalisa masalah yang berkaitan dengan ekosistem. Oleh karena itu perlu bagi peneliti menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran baik e-modul yang mampu melatih kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan uji validitas, kepraktisan, dan efektivitas media e-modul berbasis filipped classroom yang telah disusun dan dikembangkan. Adapun jenis metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dimana validator ahli melakukan validasi dan observasi perangkat pembelajaran dan menentukan nilai dan kategori validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran e-modul memenuhi kriteria sangat valid baik oleh ahli materi maupun ahli media dengan kisaran 91,76% hingga 98,40%. Untuk uji kepraktisan khususnya pada aktivitas guru pada semua pertemuan berkisar antara 91,11% hingga 98,10% dengan kategori sangat praktis. Untuk aktivitas siswa menunjukkan skor penilaian dengan rentang 84,44% hingga 97,14% dengan kategori sangat praktis. Pada respon siswa hasil angket terhadap e-modul sebesar 94,07% dengan kategori sangat baik, skor sebesar 5,19% dengan kategori baik, dan skor 0,74% dengan kategori cukup baik. Pada uji efektivitas, terjadi peningkatan level taksonomi solo siswa dari pretest yang didominasi oleh level prestructural (59,17%) dan unistructural (40,83%) meningkat pada posttest dengan level yg mendominasi multistructural (85%) dan relational (12,50%). Untuk penilaian produk maket, rentang nilai pada setiap kelompok yaitu berkisar antara 83,53 hingga 90,59 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom pada materi ekosistem memenuhi kriteri validitas, kepraktisan, dan efektivitas untuk melatih kemampuan berpikir siswa SMP Islam Pagimana.
Download berkas