Penulis / NIM
MESTIN ABDULLAH / 705521001
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
MESTIN ABDULLAH. 2022. Pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi model inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik (Suatu penelitian di MA Muhamadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango). Program Studi Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo di bimbing oleh (I) Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan (II) Dr. Jusna Ahmad, M.Si.
Penelitian ini bertujuan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian adalah RPP, LKPD dan Tes Hasil Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni jenis Research and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar penilaian diri dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas ahli terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKPD, dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid dan sangat valid. Untuk kepraktisan keterlaksanaan kegiatan guru dan aktivitas belajar dalam prose pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, penilaian akativitas peserta didik di uji pada skala terbatas dan skala luas masuk pada kriteria sangat baik. Tes hasil belajar dimensi pengetahuan yang naik secara signifikan gain skore pada kelas uji terbatas 1.92 dan kelas uji luas menunjukkan gain score 1.94 dan angket respon peserta didik memiliki respon positif terhadap perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Kognitif
Download berkas